PENTINGNYA MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI DALAM PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DI ERA GLOBALISASI. 
Literasi dipahami bagi generasi pada awalnya adalah membaca buku yang pastinya dianggap membosankan dan hanya beberapa kalangan yang telah menggunakannya. Melihat tulisan yang cukup banyak dan buku yang tebal tidak menarik bagi generasi di zaman sekarang untuk membaca khususnya mahasiswa.

Namun seiring berkembangnya zaman, untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan sudah semakin mudah, hal ini sejalan dengan perkembangan teknologi yang membawa kearah era digital seperti saat ini.

Konsep literasi saat ini sudah semakin berkembang dan terbagi ke dalam beberapa bentuk literasi, salah satunya adalah literasi digital. mereka lebih tertarik melihat dan membaca tulisan yang berasal dari literasi digital. Literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya.

Munculnya literasi digital pada saat ini disebabkan karena perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih, dan menyediakan metode pembelajaran yang informasinya tidak hanya dalam bentuk tercetak namun sudah dalam bentuk digital. Berbagai macam sumber informasi sudah tersedia di internet seperti E-Book, E-Journal, website, youtube, podcast, Facebook dan lainnya.

1. Peran literasi di era digital 
Peningkatan budaya literasi akan berpengaruh baik terhadap kecakapan seluruh generasi zaman sekarang untuk bernalar dan berpikir kritis terhadap kehidupan sehari-hari, khususnya menghadapi tantangan globalisasi.

Dengan berliterasi digital akan menambah ide-ide baru dan dapat berinovasi dan melakukan peningkatan dalam segala aspek sesuai dengan tuntutan zaman. Budaya literasi ini sangat memperngaruhi dan berperan penting dalam memproduksi generasi yang cerdas dan akan membentuk bangsa yang berkualitas pula.

Budaya literasi pada era digital perlu ditingkatkan dan dipertahankan guna meningkatkan kecakapan dan upaya pemerataan pendidikan dan pemberantasan buta aksara. Meningkatkan pemahaman intelektual dan kesiapan untuk menghadapi globalisasi serta mengubah pola pikir dan bernalar generasi dalam menghadapi perkembangan dunia.

2. Pentingnya mempertahankan budaya literasi
Dalam penggunaan internet, terdapat penyalahgunaan seperti meluasnya hoax, hal itu dapat terjadi karena faktor rendahnya literasi digital di papua. Literasi digital berperan dalam mengahadapi tantangan dalam setiap penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Yang pertama yaitu, literasi digital berperan dalam mencari, menemukan, memilah, serta memahami informasi yang tepat di antara arus informasi yang banyak bermunculan.

Tantangan yang kedua, literasi digital berperan dalam kemampuan individu untuk dapat membedakan antara konten positif dan negatif. Oleh karena itu, kita sebagai generasi penerus di era digital perlu paham akan literasi terhadap teknologi yang terus berkembang seiring berkembangnya zaman.

Tanpa adanya literasi, setiap hal yang kita lakukan bisa jadi tidak terarah dengan baik. Dengan begitu, kita perlu adanya literasi supaya kita dapat lebih bijak dalam bertanggung jawab atas setiap penggunaan teknologi yang biasa kita gunakan setiap hari.

Semoga Bermanfaat... 
Salam Literasi... 

Menulis:
Kepno Atend 
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Papua