Tampil percaya diri saat berbicara di hadapan publik adalah salah satu indikator keberhasilan dalam melakukan public speaking. Menampilkan rasa percaya diri di hadapan publik juga tentunya akan menambah kesan baik di hadapan para audiens. Untuk Anda yang selama ini jarang berbicara di depan umum atau ini akan menjadi kali pertama Anda melakukannya, maka harus tahu apa saja tata cara berbicara di depan umum. Bagaimana caranya supaya tidak grogi, bisa menguasai audiens supaya tetap fokus pada Anda, dan hal-hal lainnya yang seharusnya diketahui seorang pembicara.

Mempersiapkan diri dengan baik dapat membantu mengurangi rasa takut berbicara di depan umum yang mungkin Anda miliki. Selain itu, memahami bagaimana terlibat dengan audiens akan mengarah pada keberhasilan mengkomunikasikan pesan Anda. Mengetahui tata cara berbicara di depan umum memang menjadikan Anda siap kapan saja dan di mana saja melakukannya jika memang harus. Percaya diri saja akan kurang, berikut adalah beberapa cara yang bisa diterapkan dan dipelajari.

1. Jangan terlalu banyak catatan

Jika Anda memiliki terlalu banyak detail dalam catatan Anda, Anda akan mendapati diri Anda fokus pada catatan Anda daripada audiens Anda.

2. Memiliki poin-poin pembicaraan

Daftar singkat poin pembicaraan yang Anda gunakan untuk memicu dan mengingatkan Anda apa yang akan Anda katakan sangat ideal. Poin-poin akan memberi Anda waktu dan kesempatan untuk mencari, terlibat dengan audiens Anda, dan terhubung dengan mereka.

3. Lakukan persiapan

Jadilah terorganisir dan ringkas dengan meluangkan waktu untuk merencanakan, mempersiapkan, dan berlatih untuk setiap keterlibatan berbicara di depan umum. Pastikan pembicaraan Anda memiliki pengantar yang baik, konten yang bermanfaat, dan ringkasan yang ringkas. Audiens Anda akan merespons pidato yang terstruktur dengan baik.

4. Berusaha Agar Interaktif

Pilih orang-orang di antara hadirin dan bicaralah dengan mereka, buat mereka merasa seperti Anda sedang berbicara langsung dengan mereka. Selama pembicaraan Anda, pilih beberapa orang untuk diajak bicara secara langsung, kemudian secara umum kepada semua orang. Strategi ini, sambil melibatkan audiens Anda, juga dapat membantu Anda tetap fokus dan menenangkan saraf yang mungkin Anda miliki.

5. Jangan bergumam

bisa membuat Anda terlihat tidak siap. Um sesekali tidak akan berdampak besar pada presentasi Anda, jadi jangan panik jika satu atau dua selip keluar. Jika audiens Anda tidak dapat mendengar atau memahami Anda, mereka akan kehilangan minat dengan cepat.

6. Bicaralah dengan jelas

Berbicara dengan jelas, keras dan dengan percaya diri akan membantu audiens Anda tetap tertarik pada pesan Anda. Tekankan kata-kata kunci dan jeda setelah ide atau pemikiran kritis. Jeda.dapat memiliki efek yang signifikan.

7. Menghubungkan ide dengan motivasi audiens

Pastikan Anda berbicara di depan subjek tertentu yang memiliki tugas atau tujuan. Bisa itu bicara di depan siswa yang tugasnya belajar, di depan bawahan yang memiliki bidang pekerjaan tertentu, atau di depan siapa saja. Salah satu cara mendapat perhatian mereka adalah mampu menghubungkan ide yang Anda bicarakan dengan motivasi mereka. Mereka akan lebih tertarik dengan pembicaraan Anda jika menyadari bahwa motivasi mereka sedang dibahas.

8. Mengulang hal yang penting

Untuk memastikan mereka semua tahu hal penting yang sedang Anda bicarakan, maka ulang lah hal yang penting ini. Mengulangnya tidak hanya bertujuan supaya semuanya mendengar, mengulangnya juga bisa membuat mereka benar-benar paham apa yang sedang dibicarakan. Membuat mereka mendengar saja, padahal mereka tidak paham, jelas akan kurang.

9. Berpakaian sesuai acara dan menarik

Cobalah berpakaian menarik saat melakukan public speaking. Menarik bukan berarti harus berpakaian mahal dan trendy, tetapi menyesuaikan dengan kepribadian para pembicaranya dan situasi yang akan dihadapinya seperti berpakaian rapi formal ataupun non-formal. Berpakaian menarik akan menampilkan rasa percaya diri kepada para pemakainya dan mempengaruhi rasa ketertarikan para audiensnya.

Itulah beberapa poin untuk membangun rasa percaya diri ketika berbicara di depan publik. Jangan lupa untuk melakukan banyak latihan agar rasa grogi atau gelisah dapat diminimalisir.

Semoga Bermanfaat... 
Menulis
Kepno Attend